Sabtu, 27 Oktober 2012

10 Model Usaha Murah untuk Mulai Berbisnis

Berikut bisnis yang bisa anda mulai bahkan ketika anda masih mahasiswa VIVAnews - Bagi mahasiswa atau masyaratat umum yang memiliki insting entrepreneur maupun bisnis, membangun sebuah bisnis seolah telah menjadi dambaan hidup. Bahkan, mereka telah berangan-angan untuk menjadi bos dari bisnis yang dibuatnya.

Tak seperti program magang di musim panas, terdapat model bisnis yang menempatkan para mahasiswa untuk bertanggungjawab mengelolanya sekaligus menjadi pengalaman yang akan menuntunnya di masa depan.
Dikutip dari laman bussinesinsider, berikut adalah 10 model bisnis murah yang bisa mulai digarap sejak mahasiswa:

1. Kios makanan
Setidaknya ada tiga hal yang diperlukan untuk mulai berbisnis kios makanan yaitu kios, lisensi untuk menjual, dan makanan untuk dimasak.
Sejumlah situs di internet seperti GigMasters.com kini telah menawarkan jasa sewa lapak makanan untuk seluruh kawasan Amerika Serikat. Kalau tak mau repot, Anda bisa membuat kios sendiri.
Kunci utama untuk menjalankan bisnis ini adalah menemukan lokasi strategis seperti dekat kampus maupun kawasan pusat perbelanjaan.

2. Pemasaran alat kosmetik
Jika Anda merasa memiliki kemampuan di bidang penjualan dan ingin mengelola bisnis sendiri tanpa menambah biaya, menjadi marketing dari produk kosmetik bisa menjadi pilihan tepat. Dengan menjadi Avon Sales Representative, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar US$10 dan langsung mulai menjalankan bisnis sendiri.
Untuk memulai bisnis ini, buatlah jam kerja Anda, ruangan khusus di rumah, dan jalankan bisnis sesuai keinginan Anda.

3. Bimbingan Belajar (Bimbel)
Tak ada satu pun pihak yang dinilai memenuhi syarat untuk mengajar para pelajar selain mahasiswa. Di AS, untuk menyiapkan buku persiapan SAT (sejenis tes), hanya butuh mengeluarkan biaya US$20-30.
Untuk mulai melakukan bisnis ini, siapkan modal untuk mempromosikan bisnis Anda di media lokal serta sejumlah lokasi-lokasi umum. Tetapkan biaya Bimbel yang masuk akal.

4. Bisnis T-Shirt
Raymond Lei, pencipta ooShirt, memulai bisnis sejak masih menjadi mahasiswa. Jika Anda memiliki sisi humoris sekaligus desain, mulailah berpikir untuk membuat perusahaan pembuat t-shirt. Setelah penuh dengan ide-ide kreatif, langkah selanjutnya Anda harus menemukan jasa percetakan yang tepat. Persoalan biaya tergantung pada banyaknya kaos yang dihasilkan. Namun seiring makin banyaknya pembeli, keuntungan yang Anda dapatkan akan semakin besar pula.

5. Jasa angkutan
Untuk memulai bisnis ini, yang Anda butuhkan adalah kendaraan, SIM, dan buku petunjuk. Di AS, truk U-Haul bisa disewa dengan tarif US$20-40 per hari. Bersambung.... (umi)

6. Jasa perawatan anak (Childcare)
Memulai bisnis pada jasa perawatan anak atau daycare sebetulnya bisa menjadi mudah sepanjang Anda menginvestasikan dana pada sumber daya yang berkualitas dan bagus. Untuk mulai bisnis ini, Anda harus memperoleh sertifikat perawatan anak yang biasanya memakan biaya US$100.
Para perawat anak biasanya harus menguasai teknik pertolongan pertama dan pernapasan buatan (CPR). Untuk ilmu ini, Anda cukup mengeluarkan biaya US$50. Namun, ada beberapa tempat pelatihan seperti Palang Merah yang memberikan layanan gratis.
Pastikan rumah yang menjadi tempat bisnis Anda benar-benar aman dan memiliki banyak mainan untuk digunakan anak-anak. Kini, Anda tinggal memasarkan jasa layanan di sejumlah website khusus anak-anak.

7. Karya seni dan kerajinan
Jika Anda memiliki jiwa artis, menjual karya seni Anda bisa memunculkan insting entrepreneur di dalam diri. Anda bisa mulai menjual karya lewat website bahkan kampus-kampus universitas.
Bisnis Anda akan lebih sukses jika memiliki website sendiri untuk memamerkan karya-karya seni yang dimiliki.

8. Jasa konsultasi Pure Romance Consultant
Jasa konsultasi, Pure Romance, merupakan salah model bisnis jualan langsung yang tengah berkembang pesat. Pure Romance adalah bisnis pendorong wanita untuk memiliki lingkungan yang aman dan bersama-sama belajar tentang tubuh mereka. Bisnis ini juga terkait cara untuk memperbaiki hubungan mereka.
Mulailah dengan membeli sejumlah peralatan yang mendukung bisnis Anda dan selanjutnya tinggal bagaimana mengelola keuntungan yang bisa diraih. Model bisnis ini cocok untuk pesta lajang, walau tak tertutup kemungkinan menggelar jenis pesta lainnya.

9. Desainer Website
Setiap orang ingin mulai memiliki website sendiri. Namun, seringkali mereka tidak tahu cara memulainya. Beruntung jika Anda memiliki pengalaman di bidang grafis. Anda bisa menggunakan keahlian untuk meraup untung besar.
Sebagai ilustrasi, logo website bisa dijual di kisaran lebih dari US$300, terutama untuk pemilik UMKM. Mulailah tetapkan paket harga untuk bisnis Anda sendiri, di mana Anda akan menawarkan desain website dan jasa layanan lainnya dengan harga flat.

10. Bisnis identitas sekolah (school colours)
Saat ini, para pelajar banyak menghasilkan uang dari bisnis yang berkaitan dengan hal-hal yang berbau identitas sekolah. Tak ada alasan bagi Anda untuk mendapat untung dari bisnis ini.
Menjual barang-barang seperti tali sepatu, celana olahraga, gelang tangan, dan barang-barang lainnya akan sangat mudah dilakukan terutama dalam sebuah event olahraga. (art)

sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015388057

2 komentar:

mampir ke blog sobat, sambil cari artikel yg bagus ^_^

Posting Komentar