Rabu, 23 Oktober 2013

Strategi Bisnis yang dipakai dalam film Top Secret a.k.a Top Billionaire (Tao Kae Noi)

1. Pengamatan/melakukan survey pasar sebelum berbisnis
Seperti yang dilakukan oleh Top dia melakukan pengamatan di bidang bisnis yang akan dia jalani, mulai dari bahan baku, proses produksi, proses penyajian sampai harga yang akan dijual, dalam melakukan survey ini juga Top melakukannya kepada para konsumen sebelum menjual suatu produk.

2. Menentukan Tempat yang Strategis
Dalam setiap bisnis/usaha yang dijalankan oleh Top, dia memilih tempat yang strategis untuk berjualan, memang pada awalnya tempat yang digunakan tidak strategis akan tetapi dia mengganti tempat berjualannya di depan mall agar semua orang bisa melihat jualannya, dan tempat yang 
strategis merupakan hal yang sangat penting dalam berbisnis.

3. Pengguanaan SDM yang berkompeten dalam bidangnya
Top berbisnis dengan pamannya, kenapa dia mengajak pamannya ? , ya jawabannya adalah karena pamannya bisa memasak kacang goreng dan juga bisa berkomunikasi dengan baik dengan para pembeli.

4. Menggunakan Desain Produk yang Bagus dan Menarik
Pada awalnya bungkus produk rumput laut yang dipakai oleh Top kurang menarik, oleh karena itu produknya tidak lolos di 7-Eleven, Setelah itu Top membuat desain produk yang menarik dan berkualitas agar konsumen percaya bahwa produk itu adalah produk yang berkualitas.

5. Kemampuan Bernegosiasi yang Baik
Kemampuan berdiskusi atau bernegosiasi itu sangat penting dalam perkembangan bisnis kedepannya, Seperti Top yang pintar menawar dan pintar dalam berkomunikasi dengan orang lain bahkan yang lebih tinggi jabatannya dari dia. Dengan kemampuan ini maka produk atau usaha kita akan bisa dikenal oleh orang lain.

6. Sistem Pemasaran Hutan Rimba
Dalam memasarkan produk rumput laut goreng, Top mengunakan 7-eleven untuk memasarkan produknya, dia menggunakan pemasaran hutan rimba, pemasaran hutan rimba yaitu bagaimana agar produk yang kita jual bisa tersebar dan terdistribusi dengan sangat luas layaknya hutan rimba. Top menggunakan 7-Eleven karena 7-Eleven telah mempunyai jaringan/cabang yang luas bukan hanya di Thailand tetapi di seluruh dunia. Sehingga dengan konsep ini produk Tao Kae Noi bisa tersebar ke seluruh dunia dengan sangat cepat.

0 komentar:

Posting Komentar