Jumat, 22 Februari 2013

Membangun Integritas dalam Presentasi


Cara Melatih Teknik Berbicara Dalam Presentasi
Integritas dalam presentasi perlu dimiliki, untuk menghasilkan percakapan yang persuasif. Integritas harus dibangun melalui sebiah proses. Integritas bukanlah jenis benda yang anda bisa dapat secara instant, karena memiliki kekuasaan atau uang.
Integritas dibangun melalui sikap, ekspresi dan pilihan kata yang anda gunakan. Berikut adalah hal-hal yang penting untuk anda perhatikan dalam proses komunikasi untuk membangun sebuah integritas.

Hal yang perlu diperhatikan dalam proses komunikasi dalam membangun integritas

• Hindari berkomunikasi dengan menutupi perasaan atau keinginan yang sebenarnya penting untuk anda sampaikan.

• Merasa canggung berbicara dengan orang yang baru, atau memiliki jabatan lebih tinggi, adalah bentuk komunikasi yang tidak mendukung dan membuat anda cenderung rendah diri.


• Membiarkan atau berpura-pura tidak tahu, saat orang lain melakukan sesuatu yang membuat anda tidak nyaman adalah sikap yang kurang baik. Terkecuali anda memang menerimanya dengan tulus.

• Belajarlah dan cobalah untuk lebih sering menkomunikasikan keinginan anda dengan cara yang baik.

• Memendam ketidak puasan dan melampiaskan pada orang lain atau barang, merupakan sikap yang harus dikikis. Sekali lagi belajarlah untuk mengutarakan dengan lembut maksud anda. Jangan biarkan sikap seperti itu menguasai hidup anda dan jadi penghambat.

• Gunakan kalimat yang lebih menunjukkan maksud sebenarnya, tanpa harus berputar-putar atau bertele-tele. Terkadang banyak yang terjebak dengan kalimat berputar-putar untuk meminta pelanggan membeli produk. Kondisi yang berputar-putar biasanya membuat pelanggan malah bingung dan tidak mengerti pesan inti, dapat juga pelanggan merasa bosan atau curiga, sehingga mengurungkan niatnya.

• Sesuaikanlah ekspresi, nada suara dan bahasa tubuh anda dengan perkataan yang anda keluarkan. Percaya atau tidak orang lebih menangkap komunikasi nonverbal anda, daripada kata-kata anda!

Sukses untuk anda!

0 komentar:

Posting Komentar