Terciptanya kepuasan dan loyalitas para pelanggan, tentunya menjadi salah satu aset penting dalam menjalankan sebuah usaha. Meskipun ini cukup klise, namun bagaimanapun juga para pelanggan menjadi kunci utama Anda untuk mendulang keuntungan besar setiap bulannya.
Puas tidaknya para konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan,
pastinya akan memberikan imbas tertentu bagi perkembangan bisnis Anda. Apabila
konsumen mendapatkan kepuasan dari produk yang Anda pasarkan, bisa dipastikan
bila mereka akan melakukan pembelian ulang di masa-masa yang akan datang. Dan
begitu juga sebaliknya, bila mereka kecewa dengan pelayanan yang Anda berikan,
maka tidak menutup kemungkinan bila mereka akan kapok melakukan pembelian di
tempat Anda dan berpaling ke perusahaan lain.
Karenanya, agar para konsumen Anda tidak berpaling ke perusahaan
lain. Berikut ini kami informasikan 5 cara mempertahankan kepuasan dan
loyalitas pelanggan.
Sebagian besar pelaku pasar hanya fokus terhadap penawaran yang
akan mereka sampaikan, tanpa memperhatikan keinginan konsumen. Kesalahan inilah
yang sering membuat para konsumen melakukan penolakan secara langsung terhadap
para sales, sebab mereka menganggap para sales hanya akan berpromosi menawarkan
sebuah barang. Karenanya untuk menciptakan kepuasan konsumen, berikan perhatian
khusus kepada para konsumen baik sebelum terjadi transaksi pembelian maupun
pasca pembelian. Misalnya saja dengan membagikan katalog menarik untuk
memancing minat konsumen, serta memberikan garansi khusus pada produk unggulan
yang Anda pasarkan.
2. Ciptakan sebuah hubungan yang saling
menguntungkan
Dalam memasarkan sebuah produk, tak jarang para pelaku pasar atau
pedagang lebih mendominasi komunikasi yang terbangun. Mereka memposisikan para
konsumen sebagai pendengar, dan pemasar sebagai narasumber utamanya. Strategi pemasaran seperti ini tentunya
terbilang kuno, sebab sekarang ini para konsumen sudah mulai cerdas dan bisa
menentukan produk-produk unggulan yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. Oleh
sebab itu, pastikan hubungan yang terbangun antara konsumen dan pelaku pasar
bisa seimbang dan saling menguntungkan.
3. Lakukan follow up pasca
penjualan
Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, ada baiknya Anda
mencatat semua customer yang pernah membeli produk Anda dan mencoba melakukan
follow up ulang pasca pembelian pertama. Meskipun cara ini sangatlah mudah,
namun sampai hari ini belum semua pelaku usaha melakukannya. Biasanya mereka
kurang peduli dengan prospek yang sudah dimiliki, dan cenderung mencari sasaran
(konsumen baru) dibandingkan harus mem-follow up ulang konsumen-konsumen
yang pernah melakukan pembelian di perusahaan mereka.
4. Tawarkan program menarik untuk menjaga
loyalitas konsumen
Seperti halnya mall-mall besar maupun pusat perbelanjaan di
kota-kota besar yang biasanya menawarkan program premium atau kartu keanggotaan
untuk menjaga loyalitas para pelanggan. Anda pun juga bisa mencoba program
tersebut untuk membangun loyalitas konsumen. Mulailah
dengan menawarkan sebuah keanggotaan atau member khusus yang akan memberikan
banyak keuntungan bagi para pelanggan setia Anda. Misalnya saja menawarkan
diskon khusus bagi para konsumen yang memiliki kartu keanggotaan, atau
menawarkan bonus tertentu bagi para member yang berbelanja cukup banyak di
perusahaan Anda.
5. Berikan keuntungan bagi pelanggan setia
Anda
Selain menawarkan program menarik untuk menjaga loyalitas
konsumen, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan para pelanggan setia Anda.
Tawarkan peluang bisnis bagi para konsumen yang bisa memberikan untung besar
bagi mereka dan sekaligus bisa membantu Anda dalam meningkatkanpemasaran produk. Contohnya saja dengan
membuka program reseller untuk para konsumen yang tertarik memasarkan produk
Anda. Strategi ini tidak hanya menguntungkan para reseller, namun juga
mendorong para pelanggan untuk melakukan pembelian berulang-ulang.
Semoga kelima tips pemasaran yang telah kita bahas bersama bisa
memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pelaku usaha untuk
senantiasa membina hubungan baik dengan para konsumennya. Maju terus UKM
Indonesia dan salam sukses.
Sumber : http://bisnisukm.com/5-cara-mempertahankan-kepuasan-dan-loyalitas-pelanggan.html
0 komentar:
Posting Komentar