Selasa, 25 Desember 2012

Tebakan Logika



wah lama gak ngepost tentang tebakan-tebakan ya, yaudah sekarang saya post dehh

1. Anda sedang mengikuti perlombaan balap. Anda mendahului posisi kedua. Anda sekarang berada pada posisi berapa?

2. Lalu, jika Anda mendahului posisi terakhir, maka Anda sekarang berada pada posisi?

3. Ayah Merry mempunyai lima anak, yakni Nana, Nini, Nunu, Nene. Siapa nama anak kelima?

4. Jawab dengan cepat. Ambil 1000 dan tambah 40. Sekarang tambahkan lagi 1000, lalu tambahkan 30. Tambahkan lagi 1000, tambah 20. Tambah lagi 1000, dan terakhir tambah 10. Jumlahnya berapa?

5. Berat mana 10kg karung kapas dengan 10kg besi?

6. Ayam laki-laki disebut? Ayam perempuan disebut? Mengapa dinamakan ayam?

7. Ada orang bisu masuk ke sebuah toko. Dia ingin membeli sebuah sikat gigi. Sesampainya di toko tersebut, dia memeragakan cara orang menyikat gigi. Karena penjual mengetahui apa yang dimaksud, orang bisu tersebut mendapatkan barang yang dia inginkan. Tak lama kemudian, ada orang buta yang masuk ke dalam toko tersebut. Dia ingin membeli sebuah kacamata. Apa yang akan dilakukannya?

8. Ada 2 orang yang sedang memperbaiki atap sebuah pabrik dengan cerobong asap yang besar. Keduanya jatuh ke dalam cerobong asap tersebut. Yang satu mukanya bersih, dan satunya mukanya hitam karena abu. Yang mana yang pergi ke kamar mandi untuk mencuci muka?

9. Seorang pria menggunakan pakaian berwarna serba hitam, celana hitam, sepatu hitam, kaos kaki hitam, sarung tangan hitam, dan kacamata hitam. Ia berjalan di sebuah lorong hitam. Seluruh lampu di lorong itu padam total. Kemudian, sebuah kendaraan berwarna hitam dengan lampu yang juga padam meluncur memasuki lorong. Namun tepat di depan orang itu kendaraan berhenti. Bagaimana mungkin pengendara kendaraan bisa melihat lelaki itu?

10. Ada dua bola lampu. Ukurannya wattnya sama. Masing masing lampu dihidupkan dengan batu batere yang berdaya sama. Jadi satu lampu satu batu batere. Lampu pertama posisinya hidup terus sedangkan lampu kedua posisinya hidup nyala hidup nyala. Pertanyaannya: Batere mana yang duluan habis dayanya?

11. Detektif M dimintai tolong seorang tuan tanah kaya untuk menyelidiki kasus pencurian uang. Tuan tanah itu bernama Prince A. Prince A berkata "Uang itu ada dalam sebuah amplop, tapi sekarang amplop itu isinya kosong. Pasti ada yang mencurinya!!" Detektif mencurigai ini pasti perbuatan orang dalam. Lalu menanyai penghuni rumah mewah itu satu persatu. Pertama adalah si sopir, Radithya. "Saya memang yg pertama membawa amplop itu, dan saya tahu itu isinya uang namun amplop itu langsung saya taruh di atas meja di ruangan pribadinya Tuan A" kata Radithya. Kedua si tukang bersih2, Faritz. "Saya memang melihat amplop diatas meja, saya tidak tahu isinya tapi saya merasa amplop itu sangat penting. Karena itu, saya lalu menyelipkannya di sebuah buku antara halaman 21 dan 22" ujar Faritz. Ketiga si nyonya tuan rumah, Ukhti Cool. "Hawa rumah sangat dingin, karena itu saya ingin menyalakan pemanas di ruang pribadi suami saya. Tapi saya melihat amplop itu sudah jatuh di bawah meja. Saya penasaran, karena itu saya buka, tapi ternyata isinya kosong" celotehnya. Detektif M benar2 bingung. Semua tersangka memiliki alibi, tapi semua tersangka juga ada kemungkinan mencuri. Bisa saja Radithya sudah mencuri sebelum menaruh di meja. Atau mungkin Faritz sebelum diselipkan di buku. Atau si nyonya pura2 membuka dan mengatakan bahwa amplopnya sudah kosong. Atau juga tidak menutup kemungkinan si Prince mengaku pura2 kecurian, padahal sebenarnya pelakunya justru dia sendiri? Ada yang mau membantu Detektif M memecahkan kasus ini? siapakah diantara ketiga orang itu yang mencuri?

12. Ada rumah 1 lantai. Pintunya warna merah. Jendelanya warna kuning. Gentengnya warna hijau. Temboknya warna putih. Pagarnya warna hitam. Cerobong asapnya warna orange. Nah, pertanyaannya: tangganya warna apa?

13. Anda berada di sebuah ruangan. Di ruangan itu ada tiga buah saklar yang terhubung dengan tiga buah lampu di ruangan sebelah. Tiga buah lampu tersebut masing-masing berwarna merah, kuning, dan hijau. Sayangnya, Anda tidak tahu saklar yang mana yang berhubungan dengan lampu merah, kuning dan hijau tersebut. Anda juga tidak bisa mengintip ke ruangan sebelah dari ruangan tempat Anda berada sekarang. Meski demikian, Anda diperbolehkan untuk pergi ke ruangan sebelah hanya sekali, dan kemudian sekembalinya dari sana harus sudah bisa menentukan warna lampu yang berhubungan dengan masing-masing saklar tersebut.

14. Seorang ibu mempunyai 7 orang anak. 1/2 dari mereka adalah laki-laki. Bagaimana mungkin?

15. Seorang wanita yang menghadiri pemakaman ibunya, bertemu dengan seorang pria yang tidak dikenalnya. Dia berpikir bahwa pria ini adalah pria yang luar biasa dan merupakan pria impiannya. Sampai pemakaman berakhir dia tidak pernah meminta nomor telepon atau alamat pria ini. Beberapa hari kemudian, dia membunuh kakaknya. Apa motif wanita ini?

16. Seekor siput ada di dasar sumur dan sangat ingin keluar dari sumur tersebut. dia memutuskan untuk memanjat tembok sumur tersebut. setiap hari di mampu memanjat setinggi 3 kaki, tapi pada malamnya dia harus istirahat (setelah memanjat sepanjang hari) dan dia turun kembali 2 kaki. Jika kedalaman sumur 30 kaki, berapa hari yang diperlukan siput untuk keluar dari sumur tersebut?

17. Jika kamu hanya punya satu korek api, di saat cuaca sangat dingin, kamu masuk ke dalam suatu ruangan (gelap dan dingin) yang hanya ada sebuah lilin, heater, dan kayu bakar, mana yang seharusnya kamu nyalakan dahulu?

18. Seorang tukang kayu sedang dalam keadaan terburu-buru. Dia harus bekerja secepat mungkin untuk memotong suatu batang pohon/kayu dengan panjang 10 kaki, menjadi 10 potongan sama panjang. Jika setiap memotong dia membutuhkan 1 menit, berapa waktu yang diperlukan dia untuk memotong menjadi 10 bagian sama panjang?

19. Dua pesawat lepas landas bersamaan. Yang satu terbang dari Jakarta ke New York dengan kecepatan 500 mil/jam, sedangkan yang satunya lagi dari New York ke Jakarta dengan kecepatan 450 mil/jam (karena cuaca kurang baik). Pesawat yang mana yang lebih dekat ke Jakarta, saat kedua pesawat tersebut berpapasan?

20. Sebelum gunung everest ditemukan, gunung apa yang tertinggi di dunia?

21. - A berbohong pada hari Senin, Selasa, Rabu
- B berbohong pada hari Kamis, Jum'at, Sabtu
Kemudian A & B ditanya oleh seseorang. Pertanyaannya: Apakah kamu berbohong? A menjawab: Ya, kemarin saya berbohong. Lalu B menjawab: Ya, saya juga. Nah yang jadi pertanyaannya, pada hari apakah orang tersebut bertanya pada si A dan si B?

22. Ada 5 sapi, makan 5 rumput, habis dalam 5 hari
Kalo 3 sapi, makan 3 rumput. Habisnya berapa hari?

23. Angka 9 dari 1—100 ada berapa?

24. Pada suatu hari ada seorang gembala yang bernama Sultan. Walaupun di sekelilingnya hutan, ia membawa seekor kambing, singa, dan seikat rumput. Tak jauh dari situ, ia menemukan sebuah jembatan. Nah, di jembatan tersebut, ia melihat tulisan yang berbunyi "jembatan ini hanya cukup 2 orang saja". Jadi, ia tidak bisa pulang ke rumah pengembala tersebut. Pertanyaannya: Bagaimana semuanya bisa selamat sampai rumah pengembala walaupun jembatan ini hanya mampu menampung 2 orang saja?

25. Ayah - Ayam - Makan - Minum - Tujuh - Sate - Tusuk
Coba dirangkai menjadi satu kalimat!

26. Ada seorang ayah mengajak anaknya pergi. Tapi sayang ditengah perjalanan mereka mengalami kecelakaan. Sang ayah langsung tewas ditempat, sedangkan sang anak langsung dilarikan ke rumah sakit karena terluka parah. Saat sampai di rumah sakit, dokter yang menangani anak tersebut terkejut sambil berkata, "Loh, ini kan anakku?" Pertanyaannya, siapakah dokter tersebut?

27. Ada seorang pria yang tinggal di lantai paling atas di sebuah apartemen yang sangat tinggi. Setiap hari ia menggunakan lift menuju ke lantai dasar, meninggalkan apartemen itu lalu pergi bekerja. Sekembalinya dari kerja, ia hanya bisa naik ke separuh perjalanan saja, sisanya ia harus berjalan kaki menggunakan tangga, kecuali hari sedang hujan. Mengapa?

28. Ada 3 ibu. Tiap ibu mempunyai 2 anak. Ada 7 kursi. Tiap kursi bisa diduduki 1 orang. Bagaimana caranya supaya semua ibu dan anak-anaknya bisa duduk di 7 kursi itu?

29. Agus adalah ayah dari Budi. Agus adalah … dari ayahnya Budi

30. Ada 3 sahabat, yakni si buta, si tuli, dan si bisu. Suatu hari si tuli mencuri uangnya si buta, lalu si bisu liat, dan ingin memberitahu kepada si buta. Pertanyaannya: bagaimana cara si bisu memberitahu kepada si buta kalau uangnya diambil si tuli?



sumber : http://sadyzone.blogspot.com/2011/03/tebakan-logika-untuk-segala-usia.html

0 komentar:

Posting Komentar