Rabu, 26 Desember 2012

Strategi Bisnis UKM untuk Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, mereka seringkali dituntut untuk hidup lebih mandiri daripada biasanya. Namun terkadang banyak sekali faktor yang dijadikan mahasiswa sebagai alasan yang terkadang menjadi penghambat bagi mereka untuk melakukan aktifitas lain diluar aktifitas kuliahnya. Mahasiswa banyak yang terbentur oleh padatnya masalah kuliah, organisasi kampus dan hal yang lainnya.Menyandang status sebagai seorang mahasiswa seharusnya tidak menghambat kreativitas mahasiswa untuk merintis sebuah usaha atau bisnis kecil-kecilan yang bisa dijalankan disela-sela ketatnya jadwal perkuliahan. Dukungan infrastruktur yang semakin bagus bisa menjadi peluang yang baik buat meristis usaha kecil (UKM) yang dapat kita kelola secara lebih fleksibel.

Untuk bidang usaha seharusnya tidak perlu menjadi polemik untuk mahasiswa asalkan mau belajar tentang strategi bisnis UKM untuk mahasiswa, karena sebenarnya yang menjadi kendala besar adalah pemasarannya. Bagaimana mengelola waktu dan memberikan ruang untuk menangani usaha tersebut sehingga tidak berakibat buruk pada kuliah. Salah satunya perkembangan teknologi dan internet yang semakin hari kian meluas sebenarnya bisa mendorong para mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi menekuni bisnis di dunia maya dengan mempelajari teknik digital marketing yang tepat,anda mau tahu lebih detil bagaimana strategi bisnis UKM untuk mahasiswa?
Point penting strategi bisnis UKM untuk mahasiswa

Sebelum mempelajari point lain tentang stretegi bisnis UKM untuk mahasiswa maka hal pertama yang harus mahasiswa lihat adalah peluang pasar, lihat sekitar dan analisa. Bagaimana perkembangan pasar, jangan terlalu muluk-muluk untuk melihat produk yang anda inginkan, berpusatlah pada perkembangan pasar. Cari ide dengan melihat jauh diluar lingkungan perkuliahan anda, kembangakan apa yang sekiranya berpotensi namun belum ada disekitar anda.

Setelah peluang tercipta, usahakan untuk memberikan brand kepada produk UKM anda. Jangan ikut arus untuk melakukan pemalsuan merk atau brand. kita bisa mencontoh pengusaha jeans muda dari Indonesia yang saat ini jeansnya telah mendunia. Berani menggunakan brand sendiri juga harus sejalan dengan memberikan pelayanan prima, jangan asal pake “harga murah”.

Setelah produk ada, pemasaran bisa kita serahkan melalui relasi terdekat dari kita melalui jaringan yang sudah ada dikampus, baik itu teman, organisasi ataupun kampus itu sendiri. Atau bisa juga melalui internet dengan menoptimasi situs yang menjual produk kita serta Search Engine Marketing (SEM). Sebelumnya kita sudah memberikan tips untuk memulai usaha seperti usaha waralaba dan banyak bentuk bisnis lainnya.

Bagi mahasiswa, bisnis UKM bisa saja menjadi peluang kerja ketika lulus nanti. Tapi jangan terlalu memandangnya seperti itu, belajarlah dari pengalaman, belajar sambil merintis bisnis UKM untuk mahasiswa.

Sumber : http://www.sahabatbisnis.com/strategi-bisnis-ukm-untuk-mahasiswa/

2 komentar:

Terimakasih untuk informasinya seputar bisnis UKM, Terlebih saat ini tahun 2015 memang ada baiknya bahwa setiap orang mencoba belajar bisnis UKM, karena itu akan menambah keuntungan yang bisa didapatkan

Posting Komentar