Kamis, 10 Januari 2013

10 Penghalang Kesuksesan Bisnis Toko Kelontong

Penghalang Kesuksesan10 Penghalang Kesuksesan Bisnis Toko Kelontong|Tahukah anda apa saja yang bisa menghalangi kesuksesan Bisnis toko kelontong?Yang namanya bisnis apapun jenisnya tak bisa lepas dari hambatan-hambatan dari yang kecil sampai yang besar dari yang mudah sampai yang sulit dihadapi.Nah Kali ini saya akan berbagi tentang hal-hal yang bisa menghalangi kesuksesan bisnis toko kelontong anda dengan harapan anda bisa antisipasi sebelumnya sehinga kesuksesan bisa anda raih.
1.Kurang Modal.Kendala utama yang menghambat berkembangnya toko adalah kurangnya modal.Seiring bertambahnya pembeli/pelanggan semakin banyak pula barang yang harus disediakan baik dari segi  jumlah maupun jenisnya sehingga banyak pula modal yang dibutuhkan apalagi apabila perputarannya cepat serta barangnya merupakan barang yang harga modal per unitnya diatas ratusan ribu ditambah lagi kalau pelanggan  anda pedagang makanan yang tiap hari belanja.Sebenarnya ada solusi untuk mengatasinya yaitu dengan belanja ngecer yang penting ada barangnya.Namun kekurangannya adalah dari segi harga karena apabila belanja ngecer tentu harganya lebih mahal daripada partai sehingga anda bisa keteteran apabila bersaing dengan toko yang belanjanya partai.
2.Mendapat Predikat Toko Mahal.Apabila dari awal anda sudah salah menerapkan strategi menentukan harga barang yang mengakibatkan harga toko anda lebih mahal dari toko lain sehingga dicap toko mahal apalagi sampai menyebar dari mulut kemulut akan mengakibatkan orang takut duluan belanja ke toko anda.Apalagi kalau cap toko mahal tersebut sudah terlanjur melekat dibenak warga sekitar toko anda akan lebih sulit merubahnya.
3.Jauh dari agen.Hal ini bisa terjadi apabila lokasi anda jauh dari pusat kota sehingga jarang ada Agen akibatnya anda akan kesulitan menyediakan stok barang.
4.Lokasi Kurang Strategis.Apabila lokasi toko anda susah dijangkau,terlalu masuk kedalam,tidak terlihat akan menyebabkan orang tidak mengetahui keberadaan toko anda.
5.Terlalu Banyak Pesaing.Apalagi kalau lokasi Pesaing saling berdekatan dan jumlah penduduk disekitar lokasi toko tidak banyak anda akan sulit meraih omset yang maksimal.Selain itu keberadaan toko semi Agen didekat lokasi anda juga bisa menjadi tantangan berat buat anda karena agen jenis ini selain menjual barang secara partai juga masih menjual barang secara eceran sama seperti anda sedangkan mereka belanjanya partai besar.
6.Harga dari agen Mahal.Hal ini bisa terjadi karena daerah anda jarang dimasuki distributor sehingga agen harus mencari barang sendiri ke agen besar sehingga membutuhkan biaya tambahan seperti transport dan lain-lain.
7.Modal dipakai untuk keperluan Pribadi.Apabila keuntungan yang dihasilkan dari toko tidak sebanding dengan kebutuhan pribadi anda apalagi kalau modalnya dipergunakan untuk kebutuhan mendadak yang membutuhkan dana besar akan menyebabkan semakin hari jumlah modal semakin berkurang.
8.Timbangan Dianggap Kurang.Bila anda dalam menimbang barang kurang teliti sehingga menyebabkan kurang tanpa anda sadari atau bisa juga timbangannya rusak tapi masih dipakai sehingga kurang akurat.Kalau sekali mungkin pembeli maklum namun kalau terus-terusan tentu pembeli akan kecewa dan enggan belanja lagi ketoko anda apalagi kalau terbukti ketika ditimbang lagi ditimbangan lain kurang dan bisa saja memberitahukan kepada orang lain. 
9.Pelayanan Kurang Memuaskan.Dibilang judes,kurang cekatan/lelet,sering salah harga,salah barang,salah hitung bisa membuat pembeli enggan datang lagi ke toko anda.
10.Sewa tidak diperpanjang/Naik.Bila kebetulan lokasi toko anda menyewa masalah terbesar adalah ketika sewa lokasi tersebut tidak bisa diperpanjang oleh sipemilik atau bisa juga sewanya di naikkan namun terlalu mahal.Kalau didekat lokasi tersebut ada lokasi pengganti mungkin masih bisa teratasi namun kalau tidak ada anda harus mulai merintis dari awal lagi dilokasi yang baru.
Ke-10 hal diatas hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi saya bisa jadi penghalangnya berbeda dengan pengalaman anda.
Mudah-mudahan tulisan Saya mengenai 10 Penghalang Kesuksesan Bisnis Toko Kelontong bisa membantu anda dalam meraih kesuksesan Bisnis toko kelontong anda.
Bagaimana menurut anda?Apakah anda memiliki pengalaman yang lain ?Senang sekali jika anda mau membagikannya untuk pembaca Blog BisnisWarung.Salam Sukses!

sumber

0 komentar:

Posting Komentar