Sabtu, 19 Januari 2013

Modal Seorang Wirausahawan

Selain ide, peluang dan kreatifitas dibutuhkan faktor lain sebagai pendukung agar calon wirausahawan bisa memulai usahanya.
Ada bebarapa hal yang harus dimiliki seorang calon wirausahawan :

1. Percaya diri = bila seorang wirausahawan memiliki ide yang kreatif tapi tidak berani / tidak PD dengan idenya, maka hasilnya pun tidaka akan ada (tidak terealisasi)

2. Berani ambil resiko = agar menjadi wirausahawan yang sukses jangan terlalu banyak perhitungan. Karena bila sudah menghitung untung-rugi usaha tidak akan jadi dijalani. Perlu modal nekad bila ingin sukses. Jangan takut dengan kegagalan, karena kegagalan itu akan menjadikan kita lebih maju. Beranilah ambil resiko

3. Ide yang orisinil = tidak mudah menciptakan sesuatu yang baru dari awal. Tapi hal yang sangat baru dan orisinil lebih disukai dan bisa bertahan lama dipasaran. Ide yang orisinil dapat menjadikan kita sebagai trendsetter.

4. Fleksibel = bila ingain maju seorang wirausahawan harus bisa ditempatkan dalam segala situasi dan bisa mengendalikan situasi. Karena bila terbawa situasi akan sulit untuk mengembangkan usahanya. Misalnya keadaan ekonomi sedang lemah, usaha ikut melemah.Sebisa mungkin bila terbawa situasipun jangan sampai kelewat batas. Perlu adaptasi tinggi agar bisa maju.

5. Jujur = buatlah usaha yang benar-benar disukai. Jangan membuat usaha yang tidak disukai, karena itu sama saja membohongi diri sendiri.
Selain hal diatas masih banyak lagi hal yang harus dimiliki seorang calon wirausahawan. Tapi yang terpenting dari setiap hal itu adalah menyerahkan segalanya pada Tuhan. Karena tanpa Tuhan segala rencana kita tidak akan berjalan dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar