Pembeli Itu Raja-Salah satu hal yang harus Anda berikan kepada pembeli
adalah pelayanan yang terbaik.
Nah kaitannya dengan hal tersebut Kali ini saya akan
berbagi tentang pelayanan prima yang bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.Dan
nggak jauh-jauh saya mengambil contoh dari
agen langganan saya dan yang paling menonjol sebut saja nama tokonya
Toko S.Agen ini sebagian besar menjual produk minuman.Bisa dibilang agen ini
agen besar disamping menjual ke pengecer juga menjual ke agen kecil.Agen ini
ramai pembelinya karena harga yang ditawarkan
murah bisa selisih Rp.500-Rp.1000 per Dus dari agen lain.Memang agen tersebut
belanjanya partai besar sampai sampai memiliki gudang tersendiri untuk
penyimpanan barang.
Namun selain harga yang ditawarkan murah yang perlu
saya garis bawahi adalah pelayanannya.Kebetulan saya mengenal pemilik agen
tersebut.Dan yang membuat saya salut meskipun dia pemilik agen tersebut dia tidak sungkan-sungkan untuk melayani
pembeli dari awal sampai meninggalkan agen tersebut .Dari pertama saya datang
saya sudah disambut ucapan “Nyari apa bos..?”
Kemudian mencatat daftar belanja saya dan setelah saya
bayar dia sendiri yang mengambil barangnya sampai menaikkan kemotor saya
padahal dia punya karyawan dan sebenarnya bisa saja dia duduk manis dikasir
tidak perlu ikut repot turun kelapangan.Dan hal lainnya yang patut ditiru adalah
dia tidak segan –segan berkomunikasi dengan saya waluapun hanya obrolan ringan
misalnya, “Gimana?ramai ngak tokonya?”atau menanyakan perkembangan harga dan
lain-lain dan ketika saya akan pergi dia tidak sungkan- sungkan mengucapkan
terima kasih.Bahkan ketika saya hanya kebetulan lewat agen tersebut dia masih
menyapa.
Sebaliknya saya punya pengalaman mendapat pelayanan
yang kurang memuaskan dari Agen.Terkadang ketika ada stok barang yang cepat
laku sedang habis dan harus segera
menyediakannya saya mencari ke agen yang terdekat dimana saja yang penting mendapatkan
barangnya kebanyakan harganya lebih mahal dari harga di agen langganan.Karena
sering belanja ke banyak agen sehingga
saya jadi tahu cara pelayanan setiap agen.Dan yang paling menyebalkan adalah
agen yang “Semau Gue” maksudnya dari pertama saya datang kalau saya tidak minta
dilayani ya tidak dilayani jadi seakan-akan mentang-mentang saya yang butuh dan
setelah dibayar saya sendiri yang mengambil barangnya ke motor bahkan nggak ada
ucapan terima kasih.Jadi walupun nggak sekali dua kali saya belanja namun
seperti nggak kenal saja nggak ada tegur sapa sedikitpun
Nah…sekarang kalau anda disuruh memilih enakan mana?
belanja ke agen yang pertama atau kedua? Pasti memilih agen yang pertama ya
khan.
Dari pengalaman tersebut saya bisa menyimpulkan agar
pelayanan bisa memuaskan pembeli ditoko
anda perlu memberikan pelayanan yang maksimal diantaranya;
1.Jangan sungkan sungkan menyapa pembeli bila perlu
terapkan 3S(Salam,Senyum,Sapa)
2.Catat/segera penuhi keinginan pembeli.
3.Bila barang yang dibeli banyak kemas yang rapi bila
perlu memakai kardus angkat ke motor bila pembeli menggunakan motor.
4.Ciptakan Obrolan ringan sehingga bisa saling
mengenal.
5.Jangan lupa mengucapkan Terima Kasih.
Demikian informasi tentang Pembeli itu Raja Semoga bermanfaat,Anda punya tips lainnya Silahkan
tambahkan dikomentar Salam Sukses.
0 komentar:
Posting Komentar