Sabtu, 26 Januari 2013

Tips Cermat Mencari Pekerjaan Baru Yang Lebih Menantang

Menyelesaikan pendidikan tinggi dan berhasil memenangkan  kompetisi dalam persaingan dunia kerja memberikan kebanggan tersendiri. Terlebih jika perusahaan yang dimasuki termasuk kategori perusahaan besar dan bergengsi yang memberikan income di atas rata-rata.
Namun, seiring dengan berjalannya waktu, bekerja di perusahaan besar sekalipun jika atmosfer kantornya kurang baik, rasa bosan terhadap rutinitas dapat menghantui. Oleh karena itu, tidak sedikit dari karyawan yang mencoba mencari tantangan dan harapan baru.
Mencari pekerjaan baru haruslah cermat. Jangan sampai justru membuat kecewa. Berikut ini, iniopiniku.com akan berbagi pada Anda tips cermat mencari tantangan pekerjaan baru tersebut:

1. Pertama, tanyakan pada diri sendiri tentang apa yang diinginkan bagi karir Anda. Jika Anda masih bekerja, tanyakan hal yang tidak disukai  dengan pekerjaan Anda saat ini dan apa harapannya dengan pekerjaan baru nanti.

2. Kedua, nilailah tingkat keahlian Anda. Keahlian seyogyanya dapat meningkatkan nilai jual dan menjadi modal utama dalam dunia kerja. Jika tidak memiliki keahlian tertentu, Anda harus mempertimbangkan untuk mengenyam pendidikan lebih lanjut agar lebih terampil.

3. Ketiga, mengorek informasi tetang kapasitas pekerjaan lain serta mempertimbangkan untuk bergabung dengan departemen yang berbeda menjadi alternatif menarik.

4. Keempat, setelah Anda mempertimbangkan hal-hal tersebut dan tetap memutuskan untuk berpindah kantor, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya memperbaharui resume, hal ini penting dalam strategi kompetisi mencari peluang baru. Buatlah resume yang menarik dan update, lengkapi dengan pengalaman ayng telah Anda dapat sebelumnya. Fokuslah pada kelebihan dan keterampilan yang dimiliki dan berorientasi pada hasil yang diraih selama ini. Misalnya, Anda menguasai bahasa asing dengan aktif, memahami bidang teknologi informasi, atau telah memberikan terobosan-terobosan baru di tempat kerja Anda selama ini.

5. Kelima, setelah Anda memperbahatui resume, saatnya mengirimkan ke alamat yang tepat. Misalnya, dengan mengirimkannya ke situs-situs yang menangani ketenagakerjaan atau alamat-alamat yang tertera pada iklan-iklan lowongan kerja di media massa atau media elektronik lainnya. Mengirimkan resume ke dalam sebuah komunitas pun dapat dijadikan alternatif menarik.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar