Senin, 14 Januari 2013

Tips Membuat Mie Instan Jadi Mie yang Sehat dan Enak

hai semuanya, apa kabar kalian hari ini, semoga sehat selalu ya, amin...


kali ini saya mau berbagi ilmu memasak saya kepada semuanya yang membaca blog ini. semoga bisa bermanfaat buat kita semua ya.




Nah, siapa disini yang suka makan mie instan? mayoritas dari kita pasti akan menjawab ya karena mie instan sudah menjadi makanan populer yang praktis dan enak. Terutama juga karena harganya yang murah, jadi bisa dibeli oleh semua kalangan. Namun sudahkah anda tahu seperti apa bahayanya mie instan?
Sudah banyak kalangan yang gencar melakukan peringatan kepada para penikmat makanan ini, baik melalui majalah, koran, surat kabar, apalagi internet. mie instan sudah benar-benar terkenal akan kandungan-kandungan bahan kimianya yang berbahaya.Tidak heran kalau makanan ini menjadi salah satu makanan yang cukup berbahaya bila dikonsumsi dalam jangka panjang.

didalam kandungan mie nya, memiliki komposisi seperti tepung, garam, dll. mungkin ditambah pula dgn MSG namun dgn konsentrasi yang sedikit. Banyak gosip yang menyatakan kalau mie nya itu mengandung lilin, wih serem banget ya.... tapi ini sebenarnya hanya berita hoax. tidak benar bila didalam kandungan mie nya terdapat lilin, tidak mungkin juga para pabrikan mie instan sekejam itu terhadap customernya, lagian apa manfaatnya lilin kalau di campurkan dengan mie.... :p, jadi mie nya menurut saya tidak terlalu bermasalah dan cukup aman.

Nah, yang harus diwaspadai didalam produk mie instan adalah bumbunya. tentu sudah tidak asing lagi jika kita mendengar bahwa kandungan bumbu mie instan itu terdapat bahan kimia didalamnya. Nama kandungan kimia itu adalah Monosodium Glutamat atau yang lebih familiar disebut MSG. semua juga tahu apa bahayanya MSG bagi tubuh manusia dalam jangka panjang, mulai dari penyakit usus, ginjal, hingga kanker.

Tapi.... tapi.... kan masyarakat kita sudah terbiasa makan mie instan, lalu bagaimana cara menghilangkan kebiasaan itu? tenang... Insya Allah, saya punya solusinya buat yang suka makan mie instan, anda masih bisa makan mie instan yang sehat dengan tips-tips dari saya berikut ini:

1. Jangan pernah menggunakan kuah bekas rebusan mie untuk di konsumsi. kuah rebusan itu mengandung bahan kimia yang saya bilang tadi. selain itu, kuah tersebut kotor sehingga bisa membahayakan ginjal jika terminum. Apakah anda pernah memperhatikan bagaimana perbedaan warna kuah bekas rebusan mie instan dengan air rebusan mie biasa? berbeda sekali bukan.

2. Jangan gunakan bumbu mie instan. Ini adalah peraturan keras dari saya, karena bumbu mie instan itu mengandung MSG. anda harus mengetahuinya, bahwa apabila MSG dimasak didalam suhu diatas 100 derajat C akan berpotensi mengubahnya menjadi karsinogen. Karsinogen adalah zat utama yang bisa menyebabkan Kanker, Zat-zat karsinogen menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh. itu sangat mengerikan bukan...?. tapi, bagaimana saya bisa makan mie tanpa adanya rasa. tenang anda mungkin harus merogoh kocek sedikit lagi untuk membeli bahan bumbu, anda bisa gunakan kaldu untuk jadi bumbu kuahnya baik itu dari daging ayam, atau daging lainnya, bisa juga dengan ikan atau seafood lainnya.memang lebih menguras kantong, tapi tidak sebanding dengan betapa berharganya kesehatan anda. lagian lebih enak makan mie dengan rasa asli daripada hanya sekedar perisa.


3. Jangan lupa tambahkan sayuran yang banyak untuk menyeimbangkan gizi makanan yang akan kita makan. bisa sawi, dll

4. Tips terakhir dan opsional, anda bisa gunakan resep saya ini. resep ini selalu saya gunakan jika mau masak mie yang enak... :-):

bahan
- mie instan 1 bungkus
- daging ayam (1 potong saja sudah cukup, gak usah banyak-banyak, saran saya gunakan bagian yang penya tulang, contoh: paha), dipotong-potong supaya keluar kaldunya.
- daun sawi (boleh pake sayuran lain atau ditambah)
- bawang merah, diiris-iris (sebagai penambah aroma, jadi gak usah banyak-banyak)
- cabe rawit, di iris-iris tipis agar pedasnya keluar saat direbus (buat yang suka pedes, bagi saya ini bumbu wajib yg gak boleh ketinggalan, karena ini salah satu daya tarik resep saya ini. hihi....)
- garam, gula secukupnya
- semangkuk air dingin (buat apa ya, liat aja dulu di prosedur nya)

prosedur
- Seperti biasa, rebus mie instan hingga lembut.
- setelah selesai direbus, cuci mie dengan sedikit air matang lalu celupkan ke air dingin / air es (fungsinya adalah untuk menghentikan proses pemasakan didalam mie, sehingga mie masih bertekstur dan kenyal ketika dimakan. ini ilmu yang saya dapet dari chef masakan Ramen Jepang di internet)
- - dari fokus di mie sekarang fokus ke pembuatan kuah. rebus lagi air yang baru kemudian masukkan irisan bawang, cabe dan juga potongan daging ayamnya. rebus sampai keluar kaldunya (gak lama kok, antara 10-15 menit)
- masukkan garam dan gula secukupnya untuk menjadi penyedap rasa. masukkan juga sawi di 3-5 menit akhir.
- fokus lagi ke mie nya, setelah dingin masukkan mie kedalam mangkuk saji.
- Opsional, ambil saringan dan saring kuah kaldu tadi ke dalam mangkuk, hal ini dimaksudkan jika kita hanya ingin mengambil kuahnya saja tanpa dagingnya (lagi-lagi ini kebiasaan orang jepang, mereka sangat mencintai rasa kuah yang bersih). jika anda tidak mau maka ya tinggal tuang semua kuah yang ada beserta isi-isinya.... :D
- Siap dinikmati, rasakan sensasi kekenyalan mie yang sangat berbeda dan kuahnya yang kaya rasa.

resep saya itu bisa anda ubah dengan versi anda sendiri. daging ayam bisa diganti dengan seafood seperti udang, dan kepiting. Anda mungkin heran dengan resep saya yang serba keJepang-an ini, jika anda perhatikan resep ini seperti versi simpelnya mie ramen dari jepang. yah, seperti itulah...... saya cukup kagum dengan masakan mereka, orang-orang jepang lebih mengutamakan kesegaran bahan dan cita rasa. Daripada kebanyakan orang indonesia yang punya motto "makan apa aja yang penting kenyang"... :D saya bahkan punya rencana mencoba menyatukan masakan indonesia yang kaya rempah dan masakan jepang yang memiliki cita rasa unik..... pasti mantap dah.. hihi.

demikianlah posting ini, maafkan saya apabila terdapat kekeliruan dan kesalahan didalam tulisan saya ini. di akhir tulisan ini saya kasih ayat alQuran mengenai makanan yang halal dan baik. Semoga Bermanfaat.
terima kasih. assalamualaikum...

"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu." (Q.S. al-Baqarah: 168).
sumber 

0 komentar:

Posting Komentar