SPORTKU.COM
- Dewasa ini, produsen motor pastinya berlomba untuk memberikan yang
terbaik untuk para konsumen sehingga dapat menguasai pasar motor tanah
air. Dari yang hanya menambahkan fitur-fitur, hingga merubah teknologi
dari motornya. Salah satunya juga sudah mulai banyak berdatangan
motor-motor dengan mengusung sistem bahan injeksi yang sedang menjadi trend di Indonesia.
Sebagai contoh dua perusahaan motor terbesar di Indonesia yaitu Honda dan Yamaha. Sudah banyak motor yang dipasarkan oleh kedua perusahaan ini seperti yang kita kenal dengan YMJET-FI untuk yamaha dan PGM-FI untuk honda. Namun apa sebenarnya kelebihan dari motor injeksi.
Sebagai contoh dua perusahaan motor terbesar di Indonesia yaitu Honda dan Yamaha. Sudah banyak motor yang dipasarkan oleh kedua perusahaan ini seperti yang kita kenal dengan YMJET-FI untuk yamaha dan PGM-FI untuk honda. Namun apa sebenarnya kelebihan dari motor injeksi.
Pertama, pada motor
Injeksi, Volume penyemprotan bensin ke dalam ruang bakar akan selalu
akurat karena dikontrol oleh sistem ECU ( Engine Control Unit ). Hal ini
berdampak pada Campuran udara dan bensin akan selalu akurat
perbandingannya pada semua tingkat putaran mesin. Kondisi ini memberikan
keuntungan dengan mengurangi emisi gas buang dan lebih hemat pemakaian
bensin.
Kedua, pada motor karburator, jarak antara pengabut bensin (spuyer) dengan silinder jaraknya agak jauh, dan juga perbedaan bobot berat jenis antara bensin dan udara mengakibatkan volume udara yang masuk tidak imbang dengan jumlah bensin yang dihisap. sehingga tarikan menjadi kurang responsif.
Kedua, pada motor karburator, jarak antara pengabut bensin (spuyer) dengan silinder jaraknya agak jauh, dan juga perbedaan bobot berat jenis antara bensin dan udara mengakibatkan volume udara yang masuk tidak imbang dengan jumlah bensin yang dihisap. sehingga tarikan menjadi kurang responsif.
Sedangkan untuk motor injeksi,
penempatan injektor berdekatan dengan silinder. Saluran Bensin yang
menuju injektor memiliki tekanan lebih tinggi dari tekanan intake
manifold. Sehubung dengan diameter mulut injektor sangat kecil, maka
bensin yang menyembur akan berbentuk kabut. Saat katup gas dibuka, udara
dan bensin menghasilkan campuran yang seimbang dan ideal, dibantu
dengan mutu api yang bagus akan menghasilkan pembakaran sempurna.
Hasilnya tarikan lebih responsif sesuai perubahan katup gas.
Ketiga, Pada temperatur
rendah (dingin) menghidupkan mesin karburator dibutuhkan campuran lebih
gemuk dengan menarik cuk. Cara manual ini tak lagi diperlukan pada
motor injeksi karena sudah dilengkapi dengan sensor temperatur mesin
serta sensor temperatur udara masuk sehingga mesin mudah dihidupkan
tanpa dipengaruhi kondisi cuaca.
Keempat, dari segi perawatan Injeksi tidak ada sesuatu yang dilakukan. Karena selain steril, juga telah dibantu dengan filter sebelum masuk ke dalam injektor. Hal ini mempermudah dari segi perawatan.
Kelima, pada knalpot motor injeksi biasanya dilengkapi dengan catalytcs converter (CC), sistem ini akan merubah hasil pembakaran yang berbahaya menjadi zat yang lebih ramah dengan lingkungan dengan menggunakan sistem sensor O2, baca juga Kelemahan Motor Injeksi
0 komentar:
Posting Komentar