Jumat, 18 Januari 2013

Tips Memulai Bisnis Rumah Makan bagi Mahasiswa

Membangun bisnis tidak harus menunggu kita menyelesaikan studi. Lebih awal akan lebih baik. Sehingga saat kita menempuh studi pun, kita bisa mulai belajar menajalankan bisnis. Beberapa jenis bisnis yang dapat dipilih dan cocok untuk mahasiswa diantaranya adalah bisnis rumah makan.

Mengapa? Karena bisnis rumah makan yang dibuka di lingkungan kampus masih sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa (khususnya mahasiswa perantauan yang sedang kos di lingkungan sekitar kampus tersebut). Adapun kendala utama yang sering dihadapi bagi para mahasiswa yang membuka bisnis rumah makan adalah jadwal kuliah (senin-jumat, pkl 08:00-16:00) dan belum bisa mempekerjakan karyawan mengingat usaha yang baru dirintis belum memperoleh keuntungan signifikan. Berikut ini, iniopiniku.com akan berbagi tips memulai dan mengatasi kendala pada bisnis rumah makan bagi para mahasiswa:

1. Pertama, buatlah daftar pekerjaan yang jelas dan terperinci. Dari daftar tersebut, mulailah membuat priorita harian. Karena jika Anda memperoleh prioritas harian, maka tentunya siapa yang sedang tidak kuliah hari itu, bisa melakukan tugas-tugas tersebut.

2. Kedua, buatlah warung makan Anda dengan ukuran tidak terlalu besar terlebih dahulu sehingga Anda bisa mengatasi berbagai masalah yang timbul. Kalau Anda langsung membuka dengan ukuran yang besar, maka tentunya masalah yang dihadapi juga akan cukup besar.

3. Ketiga, bukalah warung makan Anda mulai dari sore hari sehingga Anda bisa mejalanakannya secara maksimal. Jika memungkinkan, carilah orang yang bisa menyiapkan berbagai bahan dengan cara tidak digaji tetapi bagi hasil dari keuntungan yang didapat setiap hari.

4. Keempat, carilah supplier yang bisa mengirimkan bahan baku ke tempat Anda sehingga Anda tidak perlu pergi ke pasar untuk berbelanja. Dengan begitu akan menghemat waktu Anda.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar