Minggu, 13 Januari 2013

Membuat Form Pengisian dengan Excel

Beberapa waktu yang lalu secara tidak sengaja menemukan form pengisian untuk melamar pekerjaan, herannya, kenapa file tersebut
berekstensi .xls alias file excel, bukankah excel umumnya dipakai untuk data yang bersifat numerik/angka, karena rasa penasaran
maka, file tersebut aku donlod. Ketika aku buka memang isinya pengisian biodata untuk melamar pekerjaan, kagetnya lagi, ternyata
form tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga hanya posisi cel-cel tertentu saja yang dapat di isi, ada juga drop down, option button ma, check box, dll, lha koq bisa ya, belum pernah aku nemuin kayak gitu, bisa to, excel di bikin kayak gitu (hehehehe…. ndeso bgt) …
Ini contohnya :
1. Dari Yamaha
Daripada puyeng, langsung saja tanya ma ” uncle google ” dan emang si uncle top cer bin markotop, ternyata hal-hal kayak gitu
sudah bukan barang baru, hehehehe…. ketahuan ndeso lagi … setelah otak-atik,eee… ternyata simple bin gampang bgt, nah
ini liputannya, check it out (wkwkwkwkwk …..) ….
Perangkat yang digunakan :
1. Microsoft Office Excel 2007
2. Suara merdu si Jupe yang ” belah durian ” atau ” Bete ” dari RGS, wkwkwkwk …
LANGKAH-LANGKAHNYA :
1. Formatlah seperti biasa isi dari form tersebut (misalnya diberi kolom untuk : Nama, Alamat, Tempat & Tgl. Lahir, Agama,
Jenis Kelamin, Hobby). Contoh sederhana sebagai berikut :

Dari contoh di atas, anda bisa berkreasi dengan pemberian garis, penebalan huruf, warna huruf, warna background, dll.
Nah, yang ini contoh setelah di modifikasi :

2. Klo anda lihat pada contoh di atas, terdapat beberapa komponen, antara lain :
a. Untuk vareasi imputan data, aku kasih : dropdown, checkbox, option button
Menu yang digunakan adalah ” Tab Developer ” seperti pada program Visual Basic, di Excel juga ada, untuk menampilkan tab
tersebut : Klik simbol office bundar di pojok kiri atas > Excel Option > tab ” Popular ” > centangi kotak
” Show developer tab in the ribbon “


b. Ada Error Message’nya, jadi klo user input data yang salah, maka akan ada pesan errornya
Untuk yang satu ini, bisa kita olah pada ” Menu Data > Data Validation

3. Membuat ” Input Message
Fungsinya, untuk memberitahukan kepada user tentang kolom yang hendak di isi, misalnya pada kolom Nama, Alamat, Tempat Lahir akan kita beri informasi tentang kolom tersebut, caranya :
a. Klik pada cell dimana kita hendak memberikan input message
b. Klik tab ” Data > Validation Data > Input Message
c. Klik Ok

4. Membuat ” Error Message
Fungsinya, untuk memberitahukan kepada user tentang data yang telah di inputkan ada kesalahan, misalnya : pada kolom Tanggal
Lahir seharusnya di isi dengan angka, tapi user mengisinya dengan text, maka akan dimunculkan pesan kesalahannya, caranya :
a. Tentukan dahulu tipe data yang seharusnya, klik pada kolom tanggal > Data > Validation Data > Settings. Pada ” Allow “
pilih ” Decimal “, pada ” Data ” pilih ” between “, pada minimum isi dengan ” 1 ” (tanpa tanda petik), pada maximum isi
dengan ” 31 “.

b. Pada Input Message dapat anda isi sama dengan point 4 di atas.
c. Pada Error Alert dapat di isi seperti contoh berikut :

d. Semisal dalam kolom tanggal aku isi dengan text/angka tapi lebih besar dari 31, maka akan muncul error berikut :

5. Membuat ” Dropdown ” untuk bulan dan agama, caranya :
a. Buatlah urutan bulan dan agama (tempatkan di luar lingkup cell yang anda gunakan, misal di cell ” D50 “/bebas) kemudian
blok’lah urutan bulan tersebut dan berilah nama pada ” Name Box ” dengan ” bulan ” dan urutan agama dengan nama ” agama “

b. Klik pada cell dimana kita akan menampilkan menu dropdown, yakni di cell bulan, setelah itu klik ” Data > Data Validation >
> Settings > Allow, pilih ” List “, pada source tuliskan ” =bulan “
(tanpa tanda petik)

untuk input dan error message bisa anda tambahkan seperti pada contoh di atas. Nah, berikut hasilnya :

TIPS :
UNTUK MENYEMBUNYIKAN URUTAN BULAN/AGAMA YANG TELAH KITA BUAT PADA CELL ” D50 ” BISA ANDA UBAH WARNA TEXT SESUAI DENGAN WARNA
BACKGROUND.

6. Membuat “ Option Button ” seperti pada contoh Jenis Kelamin, caranya :
a. Klik Tab Developer > Insert > pilih : Option Button (Active X Control), setelah anda klik, tempatkan di samping kanan
Jenis Kelamin, draglah.
b. Setelah terbentuk, klik kanan pada option button tersebut, pilih Properties, yang wajib anda edit adalah :

- Name : yang ini wajib anda ubah, supaya ketika menu yang menggunakan option button lebih dari 2 pilihan,
semua tidak aktif
- Caption : fungsinya untuk menampilkan text pada option button
7. Membuat ” Checkbox “, caranya seperti pada point 7 di atas, hanya saja, kalau checkbox pada properties > name, tidak perlu
anda ubah namanya untuk masing-masing checkbox. Karena fungsinya kan bisa digunakan untuk memilih dari beberapa pilihan tidak
cuma satu saja, beda dengan Option Button yang hanya bisa satu saja.
8. Langkah terakhir :
a. Pada masing-masing cell yang sudah kita tentukan untuk di isi, WAJIB kita hilangkan locknya, caranya, klik kanan pilih  Format Cells > Protection > Hilangkan Centang pada kotak Locked.

b. Berikutnya kita wajib mem-proteksi worksheet kita, supaya format, struktur, dan komponen di dalamnya
tidak dapat diedit/dihapus, caranya : klik Review > Protect Sheet > pada kotak-kotak kecil di bawah yang anda aktifkan hanya ” Select Unlocked Cells ” > Masukkan password > Klik OK > Ketik ulang password > Klik OK, sekarang coba anda test.
Ini ada bahannya, silakan  di donlod password = 123456
Ok dah, kiranya cukup sekian, saran dan kritik ditunggu selalu, salam lewat !!!!
Ditulis dalam Komputer
 sumber

1 komentar:

masih bingung cara membuat option button nya..

Posting Komentar